Maintenance Lift Gedung

Maintenance lift gedung harus dilakukan terutama untuk bangunan gedung yang memiliki lantai tinggi. Jenis lift yang banyak memerlukan perawatan adalah lift konvensional. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan risiko bagi para penumpangnya.

Lift konvensional ini merupakan jenis lift angkutan penumpang dengan sistem counter weight dan juga kabel sling. Elevator konvensional umumnya memerlukan ruang mesin tersendiri untuk menggerakkannya, sehingga membutuhkan tempat yang cukup lebar serta memiliki daya listrik yang tinggi.

hubungi kami

Cara Memastikan Lift Tidak Bermasalah

Sebelum mengetahui bagaimana cara maintenance lift gedung, Anda harus mengetahui cara memastikan lift tidak mengalami bermasalah. Lift penumpang atau lift konvensional sendiri membutuhkan perawatan ekstra.

Sebab, jika tidak dilakukan secara teratur dapat berisiko bagi para penumpangnya, seperti adanya kecelakaan lift yang jatuh dan terdapat korban. Berikut adalah beberapa cara memastikan lift tidak bermasalah.

  1. Mengecek buffer pada pit
  2. Mengecek pulley pada rotasi kabel sling
  3. Mengecek beban overload
  4. Mengecek governor supaya tetap berfungsi sebagaimana mestinya
  5. Mengecek kebersihan di atas sangkar lift dan pit
  6. Memastikan setiap fungsi safety berfungsi dengan sebagaimana mestinya
  7. Mengecek setiap kabel elektronik
  8. Mengecek setiap dynabolt yang mengikat di setiap bracket lift
  9. Mengecek pintu pada setiap lantai pendaratan
  10. Mengecek pintu sangkar lift
  11. Mengecek mesin pintu supaya tetap berfungsi dengan normal
  12. Mengecek selalu semua sensor keselamatan yang terdapat di dalam lift
  13. Mengecek motor yang terdapat dalam ruangan mesin
  14. Mengecek kabel sling supaya tetap sesuai dengan ukuran dengan sangkar. Jika ukurannya berubah maka harus diganti
  15. Mengecek oli untuk kabel sling dan guide rail, sebab memerlukan banyak oli.
  16. Pengecekan dan perawatan lift juga harus sesuai dengan jadwal dari pihak pabrikan. Umumnya sebulan sekali.

Apa Saja yang Harus Dilakukan dalam Maintenance Lift Gedung?

Dalam pemeliharaan lift gedung terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, selain harus menjaga kebersihan tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan dalam maintenance lift gedung.

1.       Perhatikan Masalah Perawatan Lift

Mengingat elevator merupakan salah satu alat transportasi angkut yang bisa digunakan untuk manusia dan juga barang. Oleh sebab itu pekerjaan perawatan elevator lift bukan merupakan pekerjaan yang sederhana. Hal ini dikarenakan beberapa hal, seperti:

  • Terdapat berbagai variasi teknologi yang digunakan pada lift membutuhkan pengalaman penanganan yang mendalam.
  • Umur masing-masing komponen tersebut tergolong sangat tergantung pada lokasi gedung atau kondisi gedung tersebut. Sehingga dibutuhkan pendataan dan pengamatan siklus yang lebih cermat.
  • Untuk tingkat ketelitian yang tinggi sehingga sebagian besar peralatan, baik itu peralatan mekanik atau peralatan elektrik. Sehingga membutuhkan tingkat ketelitian dan perhatian yang amat khusus.

2.      Umur Pakai dan Kualitas Perawatan

Umur yang digunakan dalam maintenance lift gedung ini juga harus diperhatikan. Umur lift ini juga tergantung pada kualitas perawatannya. Selain itu juga pada kualitas pemakaian pesawat lift itu sendiri. Secara umum kualitas perawatan tersebut bisa disimpulkan sebagai berikut :

  • Pelaksanaan perawatan dikontrol oleh tenaga ahli yang diakui oleh pabrikan (yang selalu memperbaharui sistemnya secara terus menerus melalui program training).
  • Dilaksanakan oleh Agen/ Distributor resmi yang ditunjuk oleh pabrikan atau pemilik merk.
  • Adanya cukup peralatan atau tools yang memadai. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan perawatan yang sesuai dengan teknologi yang digunakan pada lift tersebut.
  • Pelaksanaan perawatan tersebut dilakukan yang sesuai dengan standar yang baku (dibakukan oleh pabrikan, pembuatan lift tersebut).
  • Menerapkan perawatan sistem “Preventive maintenance” dengan menepati pergantian spare parts pada waktunya.

3.       Governor

maintenance lift gedung yang paling mudah dilakukan adalah cara yang paling mudah untuk mencegah tingkat kerusakan supaya tidak semakin parah. Memelihara lift tergolong lebih mudah jika dibanding dengan memperbaiki lift. Salah satunya adalah dengan governor, berikut adalah caranya.

  • Lumasi bagian mekanika dengan menggunakan jadwal preventif rutin. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kesusahan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan semua baut dan nut yang terdapat di dalamnya.
  • Maksimalkan umur dengan menggunakan elling van belt dengan perawatan pelumasan yang sudah terjadwal dan rutin sesuai keperluan.
  • Jangan lupa untuk memeriksa sellin atau van belt apabila dalam keadaan yang sudah berserabut atau pecah-pecah.

Dalam melakukan perawatan lift memang memerlukan ketelitian yang lebih ekstra. Untuk melakukan maintenance lift gedung Anda bisa berlangganan dengan Kontraktorlift.co.id. Kontraktor ini sudah dipercaya dalam berbagai kebutuhan lift.